SID DESA KAUMAN MENJADI SID PERCONTOHAN se- KABUPATEN BOJONEGORO

TPID Desa Kauman | 20 November 2019 15:57:24 | Berita Desa | 20 Kali

SID DESA KAUMAN MENJADI SID PERCONTOHAN se- KABUPATEN BOJONEGORO

 

Sistem Informasi Desa (SID) milik Pemerintah Desa Kauman menjadi SID percontohan se-Kabupten Bojonegoro pada acara Evaluasi dan Pendampingan 100 Desa Proyek Percontohan Pengelolaan Sistem Informasi Desa pada hari Rabu tanggal 20 November 2019 di Ruang Angling Dharma Lt. II Pemkab Bojonegoro Jl. P. Mas Tumapel No. 1 Bojonegoro. Dalam acara tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Bojonegoro, Asisten III, Kadin Dukcapil dan Kadin Kominfo serta undangan 28 Camat se Kab Bojonegoro, 100 Kepala Desa dan operatornya sebagai desa terpilih proyek percontohan pengelolaa n SID.

Dalam acara ini menghadirkan 3 narasumber sebagai berikut :
1. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab Bojonegoro
2. Perangkat Desa Kauman selaku Operator Best Praktis Desa yg terapkan Sistem Informasi Desa (SID)
3. Tim teknis Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro

Dalam sambutannya Bupati Bojonegoro , Ibu DR Hj Anna Mu'awanah memberikan penekanan betapa pentingnya data dalam perencanaan pembangunan daerah Kab Bojonegoro khususnya untuk pengambilan kebijakan. Kabupaten Bojonegoro harus memiliki Single data atau Big Data sehingga terwujud data terstruktur, akurat dan terintegrasi. Terbangun data ditingkat desa menjadi data granular /dasar /utama dan bisa digunakan seluruh OPD sebagai bagian dari pelayanan kepada masyarakat. Kepada Dinas Komunikasi dan Informatika agar selalu memberikan pendampingan kepada Desa dan Kecamatan, aplikasi yang dikembangkan dalam SID ini dibuat yang mudah, cepat, aplikatif, praktis dan saling terintergasi. Pesannya kepada Camat dan Kepala Desa agar jadilah motor penggerak dimulai dari pemerintahan Desa melalui perangkat desa mengikuti perkembangan era Teknologi Informasi dengan mengkaryakan tenaga-tenaga potensial, teruslah belajar dan semangat sehingga kedepan target tahun 2020 Desa di seluruh Kabupaten Bojonegoro sudah memberlakukan Sistem Informasi Desa (SID).

Bapak Kusnandoko Kadin Kominfo selaku Ketua Panitia memaparkan bahwa di tahun 2019 ini Kominfo telah melakukan pendampingan ke 28 kecamatan dan 419 Desa di Kabupaten Bojonegoro. Tujuan pendampingan ini diantaranya adalah :
1. Mengetahui secara langsung kemanfaatan dan kemudahan pelayanan desa yang telah menggunakan SID pada umumnya, khususnya untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat
2. Gambaran Terintegrasinya data kependudukan yang valid tingkat desa sebagai data dasar SID terutama untuk mendukung kebutuhan data dengan basis desa, contohnya adalah bantuan sosial, kesehatan pendidikan, santunan kematian, tunjangan RW/RT dan kebutuhan data lain dari tingkat desa untuk menopang 17 program RPJMD 2018 – 2023 Kabupaten Bojonegoro.
3. Terpetakan permasalahan inputing data SID khususnya data kependudukan desa dan Pemanfaatannya.

Dalam acara ini, Desa Kauman Kecamatan Bojonegoro menjadi desa percontohan karena Desa Kauman sudah menerapkan Sistem Informasi Desa (SID) sejak tahun 2017. Dalam pemaparanya, Kepala Desa Kauman menyampaikan bahwa peran Kepala Desa sangat penting dalam keterbukaan informasi. Kepala Desa harus memiliki komitmen yang kuat untuk menjadi desa yang informatif, transparan dan akuntabel. Selain itu Operator SID Desa Kauman memberikan contoh kepada seluruh peserta tentang pemanfaatan SID yang selama ini sudah dilakukan oleh Desa Kauman.



 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Profil Desa Kauman

Sinergi Program

Cek Bansos SIBANTU Cek PBB
INFO PILKADES
Info Corona Bojonegoro Jatim covid Satgas Nasional

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Chat

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Media Sosial