Selamat Datang di Sistem Informasi Desa Kauman, #MARI_MEMBANGUN_BERSAMA#
 

MUSRENBANGDES 2019

Anryza 15 Januari 2019 23:02:17 Berita Desa

Musrenbangdes Tahun 2019 untuk kegiatan Pembangunan tahun 2020

Kauman, selasa 15 januari 2019.

Dihadiri oleh   Sekretaris Kecamatan  Bojonegoro   (Triguno Sudjono Prio, SSTP, MM.),   Kasi   PMD   Kec.  Bojonegoro (Sutikno, SH.), Kepala Desa Kauman (H. Arief Fauzi, SH.) ketua dan anggota BPD, banbinkamtibmas dan babinsa Desa Kauman, perangkat dan staf Desa Kauman, tim pendamping desa, ketua RT/RW, Tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Kauman, Kepala Puskesmas Wisma Indah, Bidan Desa Kauman, Kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro, Kepala SDN Kauman 1 dan 2, ketua dan anggota LPMD, linmas, ibu ketua tim penggerak PKK, dan peserta musrenbangdes lainya.

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan ketua panitia penyelenggara musrenbangdes, kemudian dilanjutkan pembukaan dan sambutan, penyampaian program dan pembukaan secara resmi oleh kepala desa kauman.

Dalam sambutannya Kepala Desa Kauman yang akrab dipanggil Kaji Arip ini menyampaikan bahwa musrenbangdes 2019 ini bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat guna merencanakan kegiatan Pembangunan Desa di tahun 2020. Kaji Arip menyampaikan bahwa usulan dari warga Desa Kauman melalui ketua RT/RW masing-masing untuk kegiatan 2019 sudah masuk pada APBDes 2019.

"Sebelum membuka secara resmi Murenbangdes 2019 untuk kegiatan 2020, Saya akan menjabarkan rincian APBDES 2019 kepada para peserta Musrenbangdes secara singkat, karena penjabaran lebih rinci sudah terunggah dan bisa diDownload oleh siapa saja website desa kauman" Ujarnya.

Setelah menyampaikan penjabaran APBDes 2019 Kepala Desa Kauman menyampaikan "Pada Musrenbang malam hari ini saya mengharapkan ada usulan Kegiatan baik bidang Pembangunan Desa, Pemberdayaan Masyarakat atau Pembinaan Masyarakat yang bertujuan meningkatkan mutu ekonomi masyarakat. Seperti yang sudah kita lakukan pada tahun 2017 dan 2018 misalnya kegiatan pembuatan Toko / Kios  desa. Dimana Toko / Kios tersebut selain dapat meningkatkan PAD juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, contoh lain Kegiatan yang dapat meningkatkan mutu ekonomi masyarakat seperti kegiatan pemberdayaan masyarakat yg ada di RT 10 yaitu budidaya belut.  Dan dengan mengucap Bismillahirrohmannirrohim Musrenbang Desa Tahun 2019 untuk kegiatan Pembangunan Tahun 2019 secara resmi saya nyatakan dibuka untuk umum" Pungkas Kepala Desa yang Akrab disapa Kaji Arip ini.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Sekretaris Kecamatan Bapak Triguno, sebelum menyampaikan sambutanya, beliau memberikan ucapan selamat kepada Desa Kauman terkait dengan telah terselesaikanya APBDES 2019 dan satu2nya desa di Kecamatan Bojonegoro. Yang kedua ucapan selamat disampaikan karena Desa Kauman di akhir tahun 2018 mendapat predikat Desa Terinformatif dan transparan tingkat Kabupaten.

Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan dari Pak Camat agar Kepala Desa juga dapat menganggarkan tanaman yang produktif seperti kelengkeng, alpukat,dll. Karena tanaman produktif dapat membantu mendinginkan cuaca di bojonegoro dan dapat dinikmati hasilnya oleh warga desa dan dapat juga dijual jika hasilnya bagus.

Berikutnya paparan program Kabupaten disampaikan oleh Kasi PMD Bapak Sutikno, beliau menyampaikan bahwa Musrenbang itu berjenjang dari tingkat desa sampai tingkat nasional. Setelah Musrenbangdes ini terlaksana, diharapkan Desa segera membuat laporan dan memasukkan usulan kegiatan yang akan direncanakan pada tahun 2020 dan dikelompokkan sesuai dengan skala prioritas dan cadangan, kemudian dilampiri foto dokumen.

Selain itu Beliau juga menyampaikan rincian kegiatan apa saja yang masuk kategori kegiatan skala prioritas dan kegiatan skala cadangan. Usulan dari desa ke tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten biasanya diusulkan karena tidak mencukupi anggaran untuk dapat masuk ke APBDES. dan hasil usulan Desa kauman yang sudah terverifikasi kabupaten untuk dilaksanakan di tahun 2019, diantaranya normalisasi drainase, pembangunan/rehab Gedung sekolah, dan bidang pelatihan peternakan.

Sebelum masuk pada usulan warga, Kepala Puskesmas Wisma Indah menyampaikan tentang bahaya, pencegahan dan penanganan penyakit DBD, kemudian disampaikan usulan dari beliau untuk Desa Kauman yaitu untuk posyandu Remaja untuk mencegah penyakit yang kemungkinkan dapat menjangkit para remaja.

Setelah itu kepala desa memberikan tanggapan dari apa yang disampaikan kepala puskesmas wisma indah terkait dengan DBD yang terjadi di desa kauman, dan diinfokan bahwa besok (rabu, 16 Januari 2019) akan diadakan Fogging di RT 11. Tanggapan kedua terkait Posyandu Remaja, beliau menugaskan kepada Ketua Karang taruna agar karang taruna desa dapat mengaktifkan posyandu remaja.

Dari peserta musrenbangdes Bapak Lasiran selaku Kepala SMP Negeri 1 Bojonegoro yang mendapatkan kesempatan pertama menyampaiakan ucapan terima kasih kepada pemerintah desa karena atas bantuan dan kerja samanya sehingga SMP Negeri 1 Bojonegoro mendapat Juara 1 Adiwiyata mandiri pengelolaan lingkungan tanpa verifikasi karena kegiatan sudah berjalan secara massif.

Dilanjutkan kepala sekolah SDN Kauman 1, yaitu mengusulkan 4 kamar mandi, normalisasi saluran air, Ruang extrakurikuler untuk meningkatkan kreatifitas anak2, ruang perpustakaan, ruang UKS, pelatihan dokter kecil untuk siswa dan pengadaan IT, LCD maupun laptop, pembuatan tutup drainase di depan SDN Kauman 1.

Usulan berikutnya dari SDN Kauman 2, yaitu mengusulkan infrastruktur yaitu rehab pagar sekolah, rehab drainase sekolah, rehab 2 ruang kelas (plafon kelas).

Yang ketiga dari Ketua BPD, beliau menyampaikan agar berkas APBDES 2019 di berikan kepada ketua RT dalam bentuk hardcopy agar bisa disampaikan kepada warga disetiap RT. Dan kepala Desa akan melaksanakan setelah hasil evaluasi dari Camat Bojonegoro selesai.

Yang keempat dari Ketua BUMDes Berkah Bersama, menambahan modal simpan pinjam, Pengadaan peralatan alat pesta, sound system dan terop.

Untuk usulan dari RT dan peserta lain telah disampaikan secara tertulis kepada ketua panitia penyelengara Musrenbangdes.

Acara ditutup dengan pembacaan doa.

 

#MARI_MEMBANGUN_BERSAMA

#MERDESA

 

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Profil Desa Kauman

Sinergi Program

INFO PILKADES

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Kepala Desa Sekretaris Desa Staf Desa Staff Pemerintahan Desa Kaur Perencanaan Kasi Pelayanan Kasi Pemerintahan Kasi Kesejahteraan Kaur Keuangan Kaur Tata Usaha dan Umum

Chat

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Media Sosial

FacebookGoogle PlusYouTube